Berita

Khidmat Kemerdekaan di Tengah Kebun Sawit

22 August 2017

Khidmat Kemerdekaan di Tengah Kebun Sawit
Foto oleh Admin

Passer. PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding (selanjutnya disebut PTPN III Holding) dan Peruri melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Lapangan Kebun Tabara, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Lokasi ini berada di perkebunan kelapa sawit PT Perkebunan Nusantara XIII di tengah hijaunya daun ribuan pohon kelapa sawit di tanah seluas 6.477 Ha areal tertanam.

Meski turun hujan peserta upacara sebanyak kurang lebih lima ratus orang terdiri dari perwakilan manajemen dan karyawan PTPN III Holding, Peruri, beberapa BUMN dan tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten paser, karyawan dan karyawati Unit Perkebunan Tabara PTPN XIII,  siswa/i MI dan SDN dengan khidmat peserta upacara ini melaksanakan seluruh rangkaian upacara. Upacara ini dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri yang serentak dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini digagas oleh Kementerian BUMN dengan berbagai program diantaranya adalah bedah rumah veteran, siswa mengenal nusantara, jalan sehat kemerdekaan serta pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia.

Terkait dengan pelaksanaan upacara, Direktur Utama PTPN III Holding, Dasuki Amsir, yang bertugas sebagai inspektur upacara menyampaikan pesan dalam amanat inspektur bahwa beliau mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa mengangkat semangat kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan tema “Indonesia Kerja Bersama” pada perayaan 72 tahun Kemerdekaan RI. 

Sementara itu Direktur Teknik dan Produksi Peruri, Subandrio yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa usia tujuh puluh dua tahun Indonesia Merdeka merupakan rahmat yang tak ternilai harganya dari Allah yang Maha Kuasa.  Dengan kemampuan yang kita miliki, Indonesia menapak di jalan yang telah dibangun oleh para pendiri bangsa kita untuk mewujudkan sebuah negara yang berdaulat, adil dan makmur serta menghargai setiap perbedaan dalam setiap kehidupan berbangsa. “Sebagai generasi penerus bangsa, marilah kita senantiasa bersatu untuk meneruskan perjuangan pendahulu kita tersebut dengan cara meningkatkan kebersamaan”, lanjut Subandrio.

Dalam rangka menyosialisasikan kebijakan pemerintah tentang keseragaman harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, Direktur Utama PTPN III Holding Perkebunan, Dasuki Amsir bersama dengan Direktur Teknik dan Produksi Peruri, Subandrio membagikan buku BBM satu harga kepada (tiga) unsur perwakilan masyarakat yaitu Pemda, Polri dan TNI. Kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap aksesibilitas energi yang terjangkau.

Selain menekankan keunikan lokasi penyelenggaraan, kegiatan upacara bersama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi BUMN serta menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi bagi seluruh peserta upacara. Dikaitkan dengan tema perayaan kemerdekaan RI ke-72, PTPN III Holding dan Peruri sekaligus ingin menunjukkan kepada masyarakat untuk menciptakan suasana kerja yang harmonis dan meningkatkan kebersamaan demi tercapainya masa depan negara yang lebih baik. 

Semarak kemeriahan peringatan HUT Ke-72 RI juga tampak sesaat setelah pelaksanaan upacara. Beberapa kegiatan diselenggarakan seperti donor darah serta beberapa lomba tradiosional rakyat seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung dan penampilan marching band dari SMK Muhammadiyah Long Ikis Kabupaten Paser.