Fraud Blocker
  • Tim Sesper Peruri
  • 28 April 2023
  • Tim Peruri

Beri Pengalaman Menarik, Peruri Bawa Pengunjung Hannover Messe 2023
Masuk ke Dalam Peruriverse

Hannover – Diselenggarakan setiap tahun di Kota Hannover, Jerman, Hannover Messe merupakan satu-satunya pameran teknologi industri dan manufaktur terbesar di dunia yang menampilkan inovasi teknologi terkini dari berbagai sektor industri. Hannover Messe 2023 digelar pada 17–21 April 2023 di Hannover Fairground, Hannover, Jerman. Pada hari pertama, Presiden RI Joko Widodo meresmikan pembukaan Indonesia Pavilliun yang berada di area Hall 2 Hannover Fairground dan turut didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita serta Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

 

Dalam gelaran Hannover Messe 2023, Indonesia dipercaya sebagai Official Partner Country dan mengusung tema “Making Indonesia 4.0”. “Selamat datang di Paviliun Indonesia yang didesain khusus seperti kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi. Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan. Kapal ini memiliki kompas yang kami namakan peta jalan Making Indonesia 4.0, sebagai navigator transformasi industri di Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo.

 

Peruri menjadi salah satu perwakilan BUMN Indonesia di antara 150 exhibitor yang diberi kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk unggulannya dalam ajang bergengsi tersebut. Di acara ini, Peruri memamerkan produk-produk unggulannya menggunakan teknologi Virtual Reality. Para pengunjung diberi pengalaman memasuki Peruriverse, yaitu dunia metaverse yang diciptakan Peruri untuk melihat keindahan dan kehandalan teknologi security features dari setiap produk-produk yang dihasilkan Peruri.

 

Menariknya, Peruriverse dibagi menjadi beberapa ruangan, yang pertama terdapat Virtual Room Security Printing dimana pengunjung dapat menyaksikan fitur-fitur sekuriti pada teknologi security printing misalnya teknik cetak intaglio, tactile effect, UV fluorescence ink, dan fitur-fitur unggulan lainnya yang ditanamkan dalam produk House Note dan Utopian Passport.

 

Kemudian pengunjung dapat melanjutkan petualangannya ke dalam Virtual Room Security Digital, dimana para pengunjung diberi tantangan untuk memecahkan kode rahasia multi-factor authentication yang terdapat pada produk Peruri Keyla. Peruri juga memperkenalkan Peruri Seal dan Peruri Tera, yaitu stempel digital yang berfungsi untuk menjaminkan keaslian data dan informasi pada barang maupun dokumen elektronik, serta berfungsi sebagai alat monitoring (track and trace) yang sangat dibutuhkan bagi pelaku industri.

 

“Peruri hadir di sini untuk memperkenalkan layanan dan produk-produk unggulannya kepada dunia internasional, serta untuk memperkuat positioning sebagai trusted authenticity guarantor di bidang security printing dan security digital,” ujar Fajar Rizki, Direktur Pengembangan Usaha Peruri saat acara pembukaan Hannover Messe 2023.

 

Pada kesempatan ini, Peruri menjalin kerja sama bisnis dengan RUN System terkait kolaborasi platform digital security, di mana Peruri menyediakan layanan digital signature yang mencakup tanda tangan digital Peruri Sign, stempel digital Peruri Tera dan Peruri Keyla terhadap aplikasi ERP yang dikembangkan RUN System. Kolaborasi ini ditandai dengan ditandatanganinya surat perjanjian kerja sama antara Fajar Rizki, Direktur Pengembangan Usaha Peruri dan Sony Rachmadi, Direktur Utama RUN System.

 

Selain itu, Peruri juga berpotensi menjalin kerja sama dengan Amirage International BV. Dalam hal ini Peruri bertindak sebagai penyedia teknologi layanan digital melalui produk Peruri Seal, untuk ditanamkan dalam kemasan produk UKM Indonesia yang akan dikirim ke Eropa oleh Amirage International BV, sehingga keaslian produk UKM dari Indonesia dapat dijamin serta dapat dilakukan tracing pada proses pengirimannya.

 

“Kami rasa ini merupakan potensi kerja sama yang sangat baik, karena kami dapat memberikan nilai tambah pada produk UKM Indonesia dan membantu menyukseskan usaha UKM Indonesia di luar negeri. Ke depannya, kami yakin produk-produk digital Peruri dapat diterima dan bermanfaat di pasar internasional,” tutup Fajar Rizki.