Berita

Peruri Hadiri Peluncuran Prangko Seri Shio Monyet

29 February 2016

Peruri Hadiri Peluncuran Prangko Seri Shio Monyet
Foto oleh Admin

Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan PT Pos Indonesia kembali meluncurkan sebuah seri prangko baru, yaitu prangko seri Shio Monyet. Bertempat di Puri Ratna, Grand Sahid Jaya Hotel, Senin, 29 Februari 2016.Tampak hadir diantara tamu undangan lainnya, yaitu Menteri Kominfo, Rudiantara yang berkesempatan memberikan sambutannya setelah sambutan dari Ketua Lembaga Indonesia Tiongkok (Sukamdani Sahid Gitosardjono), dan Ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Soeyono.

Peruri sebagaimana misinya yaitu menghasilkan produk berkualitas dan bernilai sekuriti tinggi kebanggaan bangsa berperan dalam pencetakan prangko ini. Prangko ini hadir dalam berbagai varian, yaitu diantaranya adalah prangko berisi 24 keping dengan ukuran 25,31 mm x 41,60 mm sejumlah 300.000 keping; Minisheet, sejumlah 5.000 lembar; Souvenir sheet sejumlah 8.000 lembar. Sampul hari pertama, sejumlah 3000 buah, sampul hari pertama - 55 sebanyak 3000 buah. Pelelangan sampul hari pertama dilaksanakan pada hari itu juga. Dengan dibuka pada angka Rp 15 juta, sampul hari pertama terbeli oleh pemenang lelang yang memberikan nilai Rp 138 juta. Hasil pelelangan digunakan untuk pelaksanaan pameran Filateli.

Prangko ini diterbitkan oleh Kementerian Kominfo bersama dengan PT Pos Indonesia dan Peruri sebagai pencetaknya. Uniknya prangko seri shio Monyet yang diluncurkan tersebut merupakan perpaduan antara budaya China dan Nusantara yang menampilkan empat tokoh kera dalam pewayangan nusantara yaitu Sugriwa, Subali, Hanoman, Anggada dan Anila.