Berita

Peruri Terima Penghargaan Dari Pemkab Karawang Atas Partisipasi Aktif Dalam Program PKBL di Karawang

25 February 2020

Peruri Terima Penghargaan Dari Pemkab Karawang Atas Partisipasi Aktif Dalam Program PKBL di Karawang
Foto oleh Admin

Karawang – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Karawang atas partisipasi aktif dalam Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL) di Kabupaten Karawang selama 2019. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana pada acara penghargaan yang diselenggarakan di Hotel Resinda Karawang pada Selasa (25/2).

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karawang yang telah memberikan apresiasi positif atas kinerja PKBL Peruri sepanjang 2019. Tentunya kita sadar bahwa Peruri sebagai entitas bisnis milik negara akan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat secara berkelanjutan melalui pemberian bantuan bina lingkungan maupun pelatihan dan pembinaan UMKM, kami yakin inilah yang mampu menjadi penopang perekonomian bangsa manakala terjadi krisis. Kami berharap apa yang sudah dilakukan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.” kata Nungki Indraty, Direktur Keuangan Peruri sekaligus Pembina PKBL Peruri.

Perlu diketahui bahwa sepanjang 2019, Peruri telah menyalurkan Program Bina Lingkungan di Kabupaten Karawang sebesar Rp 3,31 miliar di antaranya adalah pembangunan Rumah Kreatif BUMN Karawang, bantuan sarana ibadah, bantuan sarana pendidikan, bantuan pembangunan sarana umum, bantuan peningkatan kesehatan serta bantuan pengentasan kemiskinan.

Sebagai salah satu BUMN di Indonesia, Peruri memiliki tanggung jawab melaksanakan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah serta bantuan pembinaan lingkungan. Peran dan tanggung jawab sosial Peruri dilaksanakan melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri BUMN nomor: 02/MBU/7/2017 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Semangat Peruri dalam melaksanakan PKBL merupakan bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Program Kemitraan Peruri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Peruri agar menjadi wirausahawan yang tangguh dan mandiri. Sejak dibentuk RKB hingga saat ini Peruri telah menyalurkan dana bantuan program kemitraan kepada lebih dari 7.113 mitra binaan dengan total penyaluran senilai Rp 130,86 miliar yang tersebar ke 18 provinsi dari berbagai sektor.

Sedangkan Program Bina Lingkungan dilakukan sejak 2003 adalah program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi Peruri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba perusahaan dan bersifat hibah. Sejauh ini total dana Bina Lingkungan yang telah disalurkan Peruri sebesar Rp 44,47 miliar. Program ini bersifat bantuan langsung dalam bentuk dana maupun fisik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Program Bina Lingkungan Peruri telah membantu masyarakat untuk dapat mencapai kesejahteraan dan kondisi sarana fasilitas umum yang lebih layak.