Berita

Peruri – Pertamina Teken Nota Kesepahaman Bersama Tentang Layanan Digital Security

11 August 2020

Peruri – Pertamina Teken Nota Kesepahaman Bersama Tentang Layanan Digital Security
Foto oleh Admin

Jakarta – Sebagai salah satu bentuk sinergi BUMN, Peruri bersama dengan PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) tentang Penerapan Digital Security yang diselenggarakan di Kantor Pusat Pertamina pada Senin, 10 Agustus 2020. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati yang disaksikan secara langsung oleh Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama.

Melalui nota kesepahaman ini, Peruri siap untuk mendukung program digitalisasi serta enrichment produk di Pertamina dan group melalui layanan digital Peruri yang melingkupi : 

  1. Pemanfaatan sertifikat elektronik, solusi digital peruri, kode security peruri, dan tanda tangan elektronik pada pertamina dan group untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik;
  2. Digital ID untuk otorisasi dan verifikasi produk digitalisasi Pertamina;
  3. Solusi produk digital peruri untuk enrichment produk digitalisasi Pertamina;
  4. Solusi lain yang terkait dan dibutuhkan oleh para pihak dan group. 

“Semoga kerja sama ini dapat memberikan peningkatan kualitas layanan yang lebih baik lagi kepada seluruh stakeholder dan customer, termasuk memberikan jaminan keaslian dari produk-produk Pertamina. Pertamina menggandeng Peruri karena telah terbukti dapat memberikan layanan digital security  dengan level keamanan tinggi dan terbaik”, ujar Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina.

Dalam kesempatan ini Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya mengatakan bahwa digitalisasi saat ini adalah suatu keniscayaan. Berbagai manfaat dari digitalisasi akan dirasakan dalam bentuk peningkatan efisiensi, produktivitas, transparansi dan kenyamanan. Dalam situasi saat ini dimana terdapat keterbatasan dalam interaksi fisik, semakin dirasakan pentingnya akselerasi digitalisasi dalam proses bisnis dan kerja. Namun faktor keamanan di dunia digital, khususnya jaminan terhadap keaslian yang dilakukan secara digital menjadi prasyarat untuk keberhasilan transformasi digital, baik dalam lingkup internal perusahaan maupun yang berkaitan dengan pihak eksternal.

“Disinilah Peruri mengambil peran, sebagai perusahaan yang memiliki core competence sebagai penjamin keaslian/authenticity guarantor.” ujar Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri.

Peruri memiliki reputasi panjang sebagai pihak yang terpercaya dalam menjamin keaslian alat pembayaran tunai dan berbagai dokumen cetak yg membutuhkan sekuriti tinggi seperti uang NKRI dan beberapa negara lain, meterai, pita cukai, paspor, sertifikat tanah serta melalui perluasan bisnis ke jasa digital security. Sesuai yang diamanahkan dalam PP 6 Tahun 2019, Peruri mengembangkan kapasitasnya sebagai penjamin keaslian tidak hanya dalam hal security printing namun juga digital security.

Saat ini Peruri merupakan satu-satunya BUMN Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang telah terdaftar dan tersertifikasi di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia melalui SK nomor 790 Tahun 2019. Artinya melalui hal tersebut Peruri menyediakan layanan tersertifikasi melalui tanda tangan elektronik maupun layanan lain yang menggunakan sertifikat elektronik.