Siaran Pers

Donasi Buku Peruri untuk Wilayah Perbatasan Indonesia: Meningkatkan Literasi dan Membangun Sinergi BUMN

18 January 2018

S I A R A N    P E R S

Nomor : 01/PR-PERURI/I/2018

 

Donasi Buku Peruri untuk Wilayah Perbatasan Indonesia:

Meningkatkan Literasi dan Membangun Sinergi BUMN

 

Jakarta. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) melakukan pengiriman buku donasi untuk wilayah perbatasan Indonesia sebanyak 4.600 buah buku di Kantor Pos Cabang Dalam Kota Fatmawati, Jakarta Selatan. Pengiriman buku ini dilakukan pada 17 Januari 2018 sebagai dukungan Peruri atas Program Donasi Buku untuk Masyarakat dari Pos Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulan. Pada kesempatan ini 4.600 buku tersebut terkemas dalam 121 koli (dus kemasan 10 kg), yang akan dikirimkan ke dua wilayah perbatasan Indonesia, yaitu Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, berbatasan dengan Malaysia dan Kabupaten Maluku Barat Daya (tepatnya Pulau Moa), Provinsi Maluku, berbatasan dengan Timor Leste.  

Program donasi buku ini merupakan rangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-46 Peruri di tahun 2017. Dengan mengusung semangat perubahan dalam upaya meningkatkan literasi anak Indonesia, Peruri berkomitmen untuk mendonasikan buku bacaan sebanyak 4.600 buah buku, yang sesuai dengan angka ulang tahun Peruri yaitu ke-46, ke wilayah perbatasan di Indonesia, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Pengumpulan buku donasi Peruri dimulai sejak September 2017 bersamaan dengan dilaksanakannya acara lari “Peruri Run to The Sky”. Peserta lari dihimbau untuk menyumbangkan minimal 1 buku bacaan yang dimasukkan ke dalam drop box yang tersedia di beberapa titik lintasan lari. Selain melalui acara lari, karyawan Peruri dan masyarakat turut berkontribusi menyumbangkan buku-buku tersebut.

Agar pengiriman buku donasi ini sesuai dengan kebutuhan, Peruri menerima informasi dari 2 (dua) Perpustakaan Daerah (Perpusda) wilayah tujuan donasi mengenai jenis-jenis dan judul buku yang diperlukan. Untuk pemenuhan buku-buku sesuai kebutuhan dua Perpusda tersebut, Peruri bekerjasama dengan Balai Pustaka dalam hal pengadaannya.

Peruri sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk berpartisipasi dalam pembangunan kapasitas nasional melalui program Donasi Buku untuk Wilayah Perbatasan Indonesia guna mendorong Gerakan Literasi Nasional yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah saat ini untuk berfokus membangun wilayah terluar Indonesia. Program ini diharapkan mampu menumbuhkan minat baca dan tulis di kalangan masyarakat, terutama di kalangan pelajar tanah air sehingga dapat membentuk SDM yang berkualitas untuk mendukung tercapainya cita-cita bangsa.

 

--000--

 

Dikeluarkan oleh: Corporate Secretary and Strategic Planning/Biro Komunikasi Perusahaan

Contact Person(s):

  • Eddy Kurnia, Head of Corporate Secretary and Strategic Planning (021-7395000 ext 1121)
  • Siwi Widjayanti, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan (08119304504)