Siaran Pers

Grand Launching M Bloc: Program Optimalisasi Aset Peruri dari Gudang Percetakan Uang Menjadi Creative Hub

27 September 2019

S I A R A N   P E R S
Nomor : 12/PR-PERURI/IX/2019

 

Grand Launching M Bloc:

Program Optimalisasi Aset Peruri dari Gudang Percetakan Uang Menjadi Creative Hub

 

Sebagai ibu kota Indonesia, aktivitas dan pembangunan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta semakin ramai. Beragam potensi kreatif yang unik dan memukau bermunculan di kota ini. Namun permasalahan yang selalu ada dari tahun ke tahun adalah nyaris tidak adanya ruang yang memadai untuk menampilkan karya-karya terbaik anak bangsa ke hadapan publik. Perum Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Peruri) yang bekerja sama dengan PT Ruang Riang Milenial (RRM) hadir menyuguhkan ruang publik/creative hub multi-fungsi bernama M Bloc, yang akan menjadi salah satu solusinya.

Proyek M Bloc ini akan mengalih-fungsikan lahan seluas 6.500 meter persegi milik Peruri, yang awalnya berfungsi sebagai komplek perumahan karyawan dan gudang tempat produksi uang yang sudah tidak beroperasi menjadi sebuah ekosistem bagi komunitas milenial untuk berinteraksi dan berekspresi secara positif. M Bloc berlokasi di sebagian area kantor Peruri yang terletak di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dimulai sejak penandatanganan Nota Kesepahaman antara Peruri dan PT RRM pada Mei 2019, proyek pembangunan M Bloc terbilang cepat karena hanya diselesaikan dalam waktu 5 (lima) bulan hingga grand launching hari ini, Kamis, 26 September 2019. M Bloc akan menjadi sebuah ekosistem yang menyajikan karya-karya seni serta pengembangan brand lokal sehingga akan menjadi ‘kiblat’ baru untuk generasi milenial Jakarta.

Di barisan depan, area bekas perumahan dinas karyawan Peruri akan diisi dengan berbagai tenant lokal yang telah dikurasi yang bergerak di bidang usaha kuliner, musik, film, animasi, seni rupa, kriya hingga co-working space. Sementara dua unit gudang bekas peti uang yang berada di bagian dalam akan diubah menjadi live house berkapasitas 350 orang yang bisa digunakan untuk konser musik serta pertunjukan seni lainnya.

Ke depannya, setiap hari akan ada pertunjukan musik di M Bloc Live House yang menghadirkan musisi ternama serta menjadi wadah bagi musisi pendatang lainnya dari seluruh wilayah Indonesia. Oleh karenanya, M Bloc akan menjadi tempat yang dicari oleh kaum muda dan menjadi tempat berkumpulnya komunitas pecinta musik dari berbagai aliran/genre musik di tanah air.

Dengan mengusung konsep baru, M Bloc mendorong para pengunjung untuk menggunakan transportasi massal seperti MRT dan TransJakarta. Minimnya lahan parkir yang disediakan tidak menjadi sebuah kekhawatiran karena lokasi M Bloc sangat strategis yang diapit oleh dua stasiun MRT, yaitu Blok M dan ASEAN. Pada sisi kiri, M Bloc bersebelahan dengan terminal bus Blok M dan pada sisi kanan terdapat halte bus TransJakarta koridor 13.

“Sebagai BUMN, Peruri dituntut tidak hanya memberikan keuntungan usaha yang maksimal bagi para stakeholders, namun juga memiliki kepekaan sosial dan berupaya meningkatkan kualitas lingkungan dan masyarakat. M Bloc hadir tidak hanya sebagai upaya optimalisasi aset perusahaan yang idle, namun juga menjadi solusi bagi kelangkaan ruang kreatif bagi anak muda di Jakarta. M Bloc berupaya menghidupkan kembali kawasan di Blok M sebagai pusat kegiatan kreatif anak muda Jakarta Selatan yang sempat ramai pada tahun 80an. M Bloc akan menjadi urban space tempat terjadinya dialog sebagai gagasan kreatif generasi milenial. Dari tempat bersejarah dimana Indonesia mencetak simbol kedaulatannya, terimalah M Bloc, persembahan Peruri bagi generasi milenial dan komunitas kreatif Indonesia.” ujar Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri.

Grand Launching M Bloc diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI), Rini M. Soemarno dan dimeriahkan oleh penampilan dari Krontjong Toegoe, White Shoes and The Couples Company serta Glenn Fredly. Penampilan tersebut dibanjiri oleh pegiat seni dan beberapa komunitas musik dari berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa tenant lokal di M Bloc pun dipadati oleh konsumen yang antusias menyambut kehadiran M Bloc.

Pada kesempatan peresmian tersebut, Rini M. Soemarno menyatakan menyambut baik kerja sama ini sebagai upaya optimalisasi aset BUMN dan mudah-mudahan ke depannya akan diikuti oleh optimalisasi aset BUMN lainnya.

 

–000–

 

Informasi lebih lanjut:

  1. PT Ruang Riang Milenial:

  Wendi Putranto, Direktur Program (081382725474)

  1. Peruri:

  Evan Septantyo, POH Kepala Biro Komunikasi Perusahaan (082136474848)