Siaran Pers

Peruri dan M Bloc Space Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19, Creative Vaccine Nation

06 August 2021

S I A R A N   P E R S

Nomor : 23/PR-PERURI/VIII/2021

Nomor : PR-001/RRM/VIII/2021

 

Peruri dan M Bloc Space Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19, Creative Vaccine Nation

 

JAKARTA, 5 Agustus 2021 – Demi mendukung program pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi, M Bloc Space dan Peruri berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyelenggarakan sentra vaksinasi COVID-19 bertajuk Creative Vaccine Nation dimulai pada Kamis (5/8/2021) hingga Sabtu (7/8/2021) di M Bloc Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.   

Program vaksinasi gratis yang menyasar utamanya para pekerja industri kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, karyawan Peruri dan M Bloc Space hingga masyarakat umum yang berusia mulai dari 12 tahun ini menargetkan 1.500 peserta vaksin selama tiga hari pelaksanaan. Proses pendaftaran peserta vaksin untuk publik telah dibuka sejak Minggu (1/8) lalu melalui Loket.com. 

Proses vaksinasi dosis pertama Sinovac dimulai Kamis (5/8) sejak pukul 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Ratusan orang peserta vaksin tampak telah standby di lokasi sejak pukul 07:30 WIB dan mengantre dengan tertib dalam jarak minimal satu meter antara satu dengan lainnya. Salah satu peserta vaksin adalah Gugun, pentolan band blues rock terkemuka, Gugun Blues Shelter, yang hadir bersama istri dan sepasang anaknya yang turut pula divaksin.

Rangkaiannya dimulai dari proses Registrasi Ulang di area lobi M Bloc Space, dilanjutkan proses Pra-Screening (cek suhu dan tensi darah) di Creative Hall dan proses vaksinasi yang dilakukan di area Live House. Setelah proses vaksinasi selesai dilakukan, masing-masing peserta diminta menunggu selama 15 menit untuk mengecek Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Tim vaksinator yang bertugas di acara Creative Vaccine Nation ini terdiri dari para dokter dan Tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Ibu Anak Tambak, Menteng, Jakarta Pusat.

“Saya berharap setelah vaksin ini kita semua bisa menjadi lebih aman. Memang bisa saja kena lagi tapi dampaknya tidak separah jika belum divaksin, minimal kita terproteksi. Harapannya juga setelah vaksin ini kita bisa segera berkegiatan lagi, saya yang berprofesi sebagai musisi harus manggung lagi untuk mencari rezeki. Semoga M Bloc juga bisa buka lagi. Bagi teman-teman yang belum divaksin, kalo bisa segera divaksin, agar kita terproteksi dari virus ini. Setelah vaksin juga tetap disiplin menjaga prokes agar kita bisa segera berkegiatan kembali nanti,” jelas Muhammad Gunawan alias Gugun, pentolan band Gugun Blues Shelter yang juga merupakan penyintas COVID-19 yang sempat dirawat di rumah sakit selama dua minggu lamanya pada Maret 2021 silam. 

“Hari ini Peruri bekerja sama dengan M Bloc Space melaksanakan kegiatan vaksinasi selama tiga hari, tentu harapannya dengan kolaborasi ini kami turut membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksin sehingga kita semua bisa segera menjalani kehidupan dengan adaptasi kebiasaan yang baru (new normal) sehari-hari. Khususnya untuk di M Bloc sendiri, lebih cepat kita vaksin, lebih cepat kita bikin konser bersama kembali. Ini merupakan vaksinasi dosis pertama, kami akan lakukan vaksinasi dosis kedua pada awal September 2021. Kebetulan September adalah momen perayaan ulang tahun Peruri. Kegiatan ini dalam rangka 50 hari menjelang 50 tahun Peruri. Saya juga berpesan kepada mereka yang sudah menjalani vaksin ke depannya untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi terciptanya herd immunity agar kita bisa cepat bertemu kembali di M Bloc untuk melakukan berbagai kegiatan kreatif,” ujar Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri usai melakukan peninjauan acara Creative Vaccine Nation.

“Hari ini merupakan hari pertama Creative Vaccine Nation, sebuah inisiatif dari M Bloc Space yang berkolaborasi dengan Peruri. Targetnya selama tiga hari kita akan melakukan vaksinasi kepada 1.500 orang. Harapannya setelah proses vaksinasi ini nantinya kita dapat segera bergerak dan menjadi kreatif kembali. Ini perlu didukung oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang kreatif,” jelas Handoko Hendroyono, Co-founder sekaligus CEO M Bloc Space.

“Sebagai ruang kreatif publik yang selalu ramai dikunjungi, M Bloc Space memiliki tanggung jawab untuk ikut aktif memutus mata rantai pandemi, salah satunya dilakukan dengan mengadakan Creative Vaccine Nation bekerja sama dengan Peruri dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Sejak Juni 2020 kami konsisten menjaga ketat prokes 3M bagi para pengunjung yang datang ke M Bloc Space melalui proses registrasi di pintu masuk. Ke depannya, setelah PPKM berakhir, bagi para pengunjung M Bloc Space yang mau nonton konser, berkegiatan atau sekadar makan, minum, dan nongkrong di tenant akan kami wajibkan menunjukkan sertifikat vaksin terlebih dahulu. Bagi yang belum divaksin, mohon maaf, tidak diperkenankan untuk masuk nantinya. Pengecualian bagi mereka yang memiliki Riwayat Kesehatan tertentu atau tidak memenuhi syarat divaksin dengan menunjukkan surat keterangan dokter. Marilah turut serta aktif melindungi diri, komunitas kita dan kesehatan masyarakat dengan divaksin COVID-19,” jelas Wendi Putranto, Co-founder sekaligus Program Director M Bloc Space. 

Pandemi COVID-19 yang hingga kini telah berlangsung lebih dari 16 bulan di Indonesia sangat memukul berbagai bidang kehidupan masyarakat, tanpa terkecuali industri kreatif. M Bloc Space yang terletak di lahan milik Perum Peruri sebagai representasi destinasi anak-anak muda Jakarta sekaligus miniatur industri kreatif juga menderita pukulan yang sangat telak.

Nyaris enam bulan setelah dibuka pada September 2019, M Bloc terpaksa harus tutup selama berbulan-bulan. Seluruh aktivitas yang berhubungan dengan kerumunan massa terpaksa dikurangi maupun dihentikan. Mulai dari makan di restoran, belanja sandang, pangan, merchandise, nonton konser, datang ke pameran hingga sekadar nongkrong pun terkendala berbagai pembatasan sosial.

Lebih dari 50.000 pengunjung M Bloc Space setiap bulannya yang sebagian besar anak-anak muda Generasi Z dan Milenial akhirnya tidak bisa berkegiatan dengan aman dan sehat karena sewaktu-waktu dapat terancam terpapar virus COVID-19 yang terus bermutasi. Dua skenario mitigasi untuk melindungi kesehatan seluruh ekosistem selain memperketat protokol Kesehatan 3M adalah melakukan proses vaksinasi COVID-19.  

 

Tentang Peruri

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 06 Tahun 2019, Peruri merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan oleh Pemerintah RI untuk mencetak uang Rupiah/NKRI, pita cukai, dokumen keimigrasian, meterai serta buku pertanahan. Selain itu juga disebutkan dalam PP 06/2019 bahwa kegiatan usaha Peruri mencakup optimalisasi aset dan jasa digital sekuriti.  Didirikan pada 15 September 1971, hingga kini Peruri masih menjalankan kompetensi utamanya sebagai penjamin keaslian (authenticity guarantor) di bidang pencetakan dokumen sekuriti (security printing) dan layanan digital security melalui digital business solution. Dalam mendukung digital business solution, Peruri telah tersertifikasi sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

Tentang PT Ruang Riang Milenial

Perusahaan yang bergerak di bidang produk dan jasa dengan para penggagasnya datang dari berbagai latar belakang profesi kreatif ini didirikan sejak tahun 2019. Enam orang pendiri yang terlibat dalam proyek kolaboratif ini adalah Handoko Hendroyono, Lance Mengong, alm. Glenn Fredly, Wendi Putranto, Jacob Gatot Sura dan Mario Sugianto sebelumnya sudah sangat berpengalaman di bidang kreatif dan bisnis masing-masing. Saat ini PT Ruang Riang Milenial menggagas sekaligus mengelola M Bloc Space, sebuah ruang kreatif publik yang dibuka sejak 26 September 2019 di kompleks Peruri dan rutin mengadakan berbagai kegiatan komunitas kreatif serta ikut aktif memberdayakan UKM yang bergerak di bidang kuliner, musik, komik, pakaian, di sana.

-000-

 

Narahubung

  1. M Bloc Space: Dina – 085882689736 / mblocspace@gmail.com
  2. Peruri: Evan Septantyo, POH Kepala Biro Kesekretariatan, Protokol dan Komunikasi Perusahaan – 082136474848