Graduation Ceremony Peruri Digital Entrepreneur Academy Level 1 Tahun 2025, Buka Jalan Baru untuk UMKM Naik Kelas

Graduation Ceremony Peruri Digital Entrepreneur Academy Level 1 Tahun 2025, Buka Jalan Baru untuk UMKM Naik Kelas

Tanggal Rilis

31.10.2025

Penulis

Corp Brand

S I A R A N   P E R S

Nomor: 54/PR-PERURI/X/2025

 

Graduation Ceremony Peruri Digital Entrepreneur Academy Level 1 Tahun 2025, Buka Jalan Baru untuk UMKM Naik Kelas

 

Jakarta – PERURI menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi nasional melalui program PERURI Digital Entrepreneur Academy (PEDIA) Level 1 Tahun 2025. Melalui program ini, sebanyak 30 pelaku UMKM berhasil menuntaskan seluruh rangkaian pelatihan dan pendampingan bisnis selama 3 bulan, yang ditandai dengan penyelenggaraan Graduation Ceremony di Maia Hotel Jakarta, pada Sabtu (25/10).

 

Kegiatan ini dibuka oleh POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL PERURI, Yahdi Lil Ihsan, didampingi oleh Penanggung Jawab TJSL PERURI, Mas Aris Wibowo, serta dihadiri oleh 30 peserta UMKM dari berbagai sektor usaha, mulai dari kerajinan, fesyen, hingga kuliner. 

 

PEDIA merupakan wujud komitmen PERURI untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat terus berkembang dan beradaptasi di era digital. “Pendampingan yang berkelanjutan adalah kunci agar peserta UMKM dapat bertransformasi. Perjalanan mereka mungkin dimulai dari program ini, tapi semangatnya tidak berhenti di sini. Kami berharap setiap langkah kecil dari para UMKM ini menjadi awal dari lompatan besar menuju masa depan yang lebih berdaya,” ujar Yahdi Lil Ihsan.

PERURI Digital Entrepreneur Academy bukan hanya program pelatihan singkat, melainkan bentuk pembinaan berkelanjutan yang bertujuan memastikan para pelaku UMKM mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan secara nyata dalam bisnisnya. “Kemauan bertemu kesempatan, maka lahirlah perubahan. Kami percaya, setiap langkah kecil menuju digitalisasi adalah lompatan besar bagi masa depan UMKM Indonesia,” tambah Aris

 

Sebanyak 30 peserta UMKM terpilih telah melalui proses kurasi yang ketat. Mereka dinilai memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi bagian dari ekosistem bisnis digital yang lebih luas. Selama program berlangsung, peserta dibekali berbagai  materi mulai dari strategi pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, hingga pemanfaatan teknologi untuk menuju go online yang  mendukung pertumbuhan usaha.

Dari 30 peserta UMKM yang mengikuti program ini, terpilih tiga UMKM terbaik yaitu Oathentic, Dakey House, dan Kain Etnik Mama Poenya. Pemilihan ini tidak hanya didasarkan pada nilai atau keaktifan, tetapi juga mencerminkan perubahan nyata dalam tiga aspek penting: transformasi mindset, dari sekadar berdagang menjadi entrepreneur strategis, inovasi digital dalam memanfaatkan platform digital secara efektif, serta konsistensi dan daya tahan dalam menunjukkan komitmen hingga akhir. Ketiga peserta terbaik ini menjadi bukti bahwa ketika kemauan bertemu dengan kesempatan, maka lahirlah perubahan yang sesungguhnya.

Melalui program ini, PERURI menegaskan perannya tidak hanya sebagai BUMN yang berfokus pada bisnis security printing dan teknologi digital, tetapi juga sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendorong transformasi digital UMKM Indonesia. “Kami berharap, melalui PERURI Digital Entrepreneur Academy dapat menjadi pionir UMKM digital yang mampu bersaing di pasar global, membawa produk lokal menembus batas melalui teknologi,” tutup Aris

 

Dengan semangat Growing Together in Digital Economy, PERURI terus berupaya menghadirkan program-program yang mendorong kemandirian dan daya saing pelaku UMKM agar siap menghadapi tantangan ekonomi digital di masa depan.

 

-000-

 

Dikeluarkan oleh: Biro Strategic Corporate Branding & TJSL

Contact Person(s):

  1. Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary (021-7395000 ext 1120)

  2. Yahdi Lil Ihsan, POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL (021-7395000 ext 2151)