Fraud Blocker
  • Tim Sesper Peruri
  • 10 November 2023
  • Tim Peruri

Peruri Bersama 22 BUMN Lainnya Jalankan Program Kolaborasi Tana Lino Lestari II di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Manggarai Barat – Sebagai bentuk komitmen kepedulian BUMN terhadap bidang pendidikan dan ekonomi di Indonesia, Peruri bersama 22 BUMN lainnya berkolaborasi melaksanakan Program Tana Lino Lestari II di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Koordinator program ini adalah Garuda Indonesia yang berkolaborasi dengan, ASDP, Danareksa, Jamkrindo, Pelindo, Taspen, Perum Bulog, PNM, PP, Bank BNI, Waskita Karya, Brantas Abipraya, Pelni, Nindya Karya, Askrindo, Adhi Karya, Perum Perumnas, Hutama Karya, Bank BRI, Airnav Indonesia, Pegadaian dan Bank Mandiri berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. 


Program Tana Lino Lestari merupakan program berkelanjutan dimana sebelumnya pada tahun 2021 telah dilaksanakan program tahap pertama yang peresmiannya dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Bapak Erick Thohir. Peresmian program Tana Lino Lestari II dilaksanakan pada Sabtu, 4 November 2023 yang dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, para Direktur BUMN yang membawahi bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Kepala Desa setempat, Kepala Sekolah, Guru-guru SD Negeri Pulau Komodo dan masyarakat setempat. 


Acara dibuka dengan penanaman pohon oleh Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN bersama direksi BUMN, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang-ruang kelas yang telah direvitalisasi. Setelah itu, acara kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Garuda Indonesia selaku koordinator program. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Tedi Bharata, kemudian dilakukan juga penandatanganan batu peresmian revitalisasi sekolah. Dalam sambutannya, Tedi Bharata menyampaikan “BUMN senantiasa berkomitmen membantu masyarakat melalui berbagai program melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN sebagai bentuk dukungan BUMN terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. 


“Program bantuan ini merupakan bagian program yang berkeberlanjutan dari BUMN dengan tujuan untuk memajukan Bangsa, melalui penciptaan generasi-generasi hebat di masa depan yang mungkin saja berasal dari putra-putri dari daerah terpencil dengan keterbatasan fasilitas pendidikan, namun memiliki dengan tekad dan semangat yang kuat”, tambah Tedi. 

Pada tahap kedua ini, program Tana Lino Lestari fokus pada revitalisasi sarana pendidikan SD Negeri Pulau Komodo, revitalisasi jaringan internet di Pulau Komodo, pembangunan taman tematik SD Negeri Pulau Komodo, pembangunan ruang guru dan tempat tinggal guru SD Negeri Pulau Komodo, dan pemberdayaan masyarakat nelayan. Selain itu kolaborasi BUMN juga memberikan tambahan bantuan peralatan sekolah berupa seragam sekolah, tas sekolah, sepatu, kipas angin dan sound system dan memberikan bantuan renovasi fasiltas sekolah PAUD Komodo Center. 

Dalam keterangan tertulisnya Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri, Ratih Sukma Pratiwi mengatakan “Melalui program kolaborasi BUMN ini kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang seluas-luasnya untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni Pendidikan Berkualitas (Quality Education) dan Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work & Economic Growth).”


“Saya mengucapkan terima kasih kepada BUMN, dengan adanya bantuan dari BUMN ini kami bersyukur sekali karena bantuan yang diberikan berdampak sekali pada SD Negeri Pulau Komodo menjadikan proses belajar dan mengajar sangat lancar sekali, serta siswa-siswi sangat berbahagia dan merasa nyaman melaksanakan aktifitas belajarnya serta bantuan ini dapat mencakup semua standar pendidikan di Pulau Komodo”. Kata Usman, Kepala Sekolah SD Negeri Komodo.