Fraud Blocker
  • Tim Sesper Peruri
  • 20 Oktober 2023
  • Tim Peruri

Peruri Usung Digital ID Solution untuk Implementasi SPBE Pada Acara Rakornas Kominfo

Jakarta – Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan layanan publik yang lebih efisien dan transparan. Sebagai upaya untuk meningkatkan sinergi kolaborasi untuk percepatan transformasi digital menuju smart government, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Hotel Mulia, Jakarta selama 4 hari pada 16–19 Oktober 2023.


Rakornas Kolaborasi Implementasi SPBE ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan Menteri, Kepala Lembaga Negara, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Walikota, Bupati, Kepala Dinas Kominfo Provinsi, Kota dan Kabupaten, Ditjen Aptika Kemenkominfo, Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah serta stakeholder terkait. Hal-hal yang menjadi topik bahasan dalam rakornas ini antara lain Pembangunan Pusat Data Nasional, Satu Layanan Satu Aplikasi, Digital ID, Inovasi Big Data Analytic, Kecerdasan Buatan, Implementasi Smart City untuk menunjang suksesnya implementasi SPBE secara nasional.

Melalui forum rakornas ini, Peruri berkesempatan memperkenalkan “Digital ID Solution as a Part of Digital Trust for SPBE Platform Infrastructure” yakni penerbitan Digital ID Peruri menggunakan data referensi terpercaya (Trusted Reference Data) yang dimiliki berbagai otoritas dengan data valid dan terkini. Peruri ID akan digunakan sebagai identity provider yang dapat membuka akses ke semua layanan untuk melakukan verifikasi identitas dengan standar protokol yang aman. Pentingnya Digital ID memungkinkan setiap orang yang beraktivitas di ruang digital dapat teridentifikasi.