Fraud Blocker
  • Tim Sesper Peruri
  • 29 Agustus 2023
  • Tim Peruri

“Jumat Hijau” Untuk Mendukung Program Green Company

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Green Company, Peruri melaksanakan kegiatan rutin mingguan yang dinamakan “Jumat Hijau” di area Kawasan Produksi Peruri Karawang pada Jumat, 25 Agustus 2023. Kegiatan ini terdiri dari penanaman, pembersihan dan pemeliharaan pohon yang diselenggarakan oleh Divisi Pengamanan, K3 dan Lingkungan dan Divisi Pengadaan dan Fasilitas Umum. 

Salah satu agenda dalam roadmap Peruri Hijau dan Proyek Dekarbonisasi Peruri adalah Program Carbon Offset berupa penanaman pohon. Carbon offset merupakan suatu skema yang dapat dilakukan oleh suatu Perusahaan atau Individu untuk mengkompensasi atau menebus emisi karbon yang dihasilkan sehingga dapat mencapai suatu keseimbangan (carbon neutral) dan keberlanjutan lingkungan.

Sesuai hasil perhitungan Dekarbonisasi Peruri, vegetasi tanaman yang ada di area Kawasan Produksi Peruri Karawang sudah dapat mengompensasi emisi karbon sekitar 10%, sehingga keberadaan pohon serta aneka tanaman di hutan Peruri perlu dijaga kelestariannya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut ialah dengan melakukan pembersihan area sekitar pohon-pohon tersebut dari parasit atau tanaman liar yang dapat menimbulkan kekeringan dan kematian pohon. 

Pembersihan hutan Peruri dari tanaman parasit guna menjaga agar pohon-pohon dapat tetap hidup dan tumbuh subur. Selain dilakukan oleh Divisi Pengamanan, K3 dan Lingkungan, kegiatan ini dihadiri oleh Petugas Tim Citarum Harum yang saat itu sedang melakukan kontrol area. Dalam kegiatan ini, selain melakukan pembersihan area hutan, pemeliharaan jalan inspeksi Ring Road Peruri juga dilakukan guna menunjang patrol keamanan di sekitar Kawasan Produksi Karawang.